Traktor Tangan Kubota

Traktor tangan Kubota. Apa itu traktor tangan? dan kenapa harus Kubota?

Eitss tahan dulu rasa penasaranmu. Sebelum kita masuk ke ceritanya, yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Artikel ini sengaja dibuat secara ringkas sehingga kamu mengenal traktor tangan dan fungsi utamanya.

Sejarah traktor tangan

Traktor roda dua, atau biasa dikenal dengan sebutan traktor tangan memiliki fungsi utama dalam membantu proses pengolahan tanah. Serupa dengan traktor roda empat, traktor tangan dapat dipasang sejumlah implemen pada unitnya sehingga menambah fungsi dari unit tersebut.

Jika kita lihat sejarahnya, seperti yang disandur dari Wikipedia. Traktor tangan merupakan istilah umum yang di Amerika Serikat dan sebagian wilayah Eropa untuk menggambarkan traktor poros tunggal. Traktor jenis ini dapat digunakan untuk berbagai implemen seperti trailer, bajak hingga proses panen.

Proses penggunaanya pun cukup ringkas, operator berjalan dibelakang unit atau implemen yang ditarik oleh unit tersebut.

Traktor roda dua di Indonesia

Traktor tangan Kubota
Ilustrasi traktor tangan

Populasi traktor tangan di Indonesia saat ini cukup banyak dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berdasarkan data dari Katam Terpadu v3.3 yang dirilis pada Desember 2021, populasi traktor tangan di Indonesia hampir mencapai 346.000 unit, dengan populasi terbanyak di wilayah Jawa Timur yang kemudian diikuti Jawa Tengah.

Traktor tangan pun hadir dengan berbagai merk, mulai dari produksi buatan China hingga Eropa termasuk juga produksi Jepang. Kubota, produsen traktor asal Jepang merupakan salah satu pabrikan yang memproduksi mesin diesel untuk kebutuhan traktor roda dua. Traktor tangan Kubota pun terbukti tangguh untuk menghadapi berbagai lahan pertanian di Indonesia.

Berbeda dengan traktor roda empat, traktor roda dua memiliki tenaga (horse power) yang tergolong lebih rendah. Rata-rata antara 7.5 hingga 15 HP. Kebutuhan tersebut bagi sebagian dianggap cukup untuk melakukan proses pengolahan lahan di area yang relatif kecil dibandingkan jika menggunakan metode tradisional.

Traktor tangan dengan trailer
Sumber: Wikipedia

Traktor tangan pun dapat dipasang alat bantu (implemen) untuk menambah fungsinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, implemen seperti trailer, bajak hingga alat panen pun dapat dipasang. Tentunya hal tersebut tergantung dari tipe dan produsen dari merk traktor yang digunakan.

Lalu kenapa harus traktor tangan Kubota?

Nah ini dia poin utamanya. Jika sebelumnya kamu belum membaca sejarah tentang Kubota, ada baiknya kamu membaca dulu mengenai sejarah Kubota.

Kubota telah hadir di Indonesia sejak lama dan menjadi salah satu merk terkemuka di bidang pertanian dengan hadirnya mesin diesel, serta traktor roda empat yang sekarang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

Selain terbukti memiliki performa yang luar biasa, produk asal Jepang ini terkenal dengan kualitas dan daya tahannya. Hal tersebut terbukti dengan masih banyaknya unit Kubota versi lama yang masih bekerja dengan baik karena rutinnya perawatan dan dukungan layanan purna jual yang baik dari Kubota.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran singkat mengenai apa itu traktor tangan Kubota.

Jika saat ini kamu membutuhkan traktor Kubota, silakan menghubungi kami melalui nomor kontak dibawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.