Cara Menanam Tanaman Porang

Potensi Porang

Cara menanam tanaman porang
Sumber foto: fp.uns.ac.id

Tidak dapat dipungkiri bahwa porang saat ini tengah menjadi komoditas yang sedang meningkat di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pengunjung yang mencari artikel seputar cara menanam tanaman porang untuk memanfaatkan momen trennya porang saat ini. Berbagai wilayah di Indonesia telah menjadi sentra pengolahan tepung porang, diantaranya daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, hingga Maros.

Berdasarkan data Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, ekspor porang pada tahun 2020 sebanyak 32.000 ton dengan nilai ekspor hingga 1,42 triliun rupiah ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya. Peningkatan hingga 160% dari tahun sebelumnya.
Porang sendiri merupakan tanaman umbi yang berasal dari spesies Amorphophallus muelleri. Sebagian masyarakat mengenal tanaman dengan nama iles-iles. Budidaya porang menjadi seksi lantaran kebutuhan ekspor yang tinggi. Mulai dari Jepang, Vietnam, Tiongkok hingga Australia dan berbagai negara lain.
Tanaman porang banyak diolah untuk bahan baku kosmetik dan makanan. Kandungan glucomannan yang terkandung pada tanaman porang merupakan serat yang mudah larut dalam air. Kandungan glucomannan tersebut dapat digunakan sebagai pengental dan emulsifier. Selain kosmetik dan makanan, kandungan porang pun dapat dijadikan bahan pembuatan lem yang aman bagi lingkungan.
Porang memiliki daya tahan yang kuat hingga dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah. Bibitnya tanaman ini dapat berasal dari potongan umbi batang atau dari umbi yang sudah tumbuh (umbi katak) yang ditanam langsung.

Cara Menanam Tanaman Porang

Seperti yang kami kutip dari berbagai sumber, berikut adalah cara menanam tanaman porang yang dapat Anda lakukan.

1. Syarat awal

Bagi Anda yang ingin menanam porang tentunya ingin hasil yang maksimal dan tanaman dapat tumbuh subur. Yuk simak langkah apa yang harus kamu ketahui sebelum mulai menaman tanaman porang.

a. Jenis dan tingkat keasaman tanah

Porang memiliki daya tahan yang relatif kuat. Dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, namun idealnya tanah yang layak digunakan adalah yang tidak tergenang air dan memiliki tingkat keasaman tangan (pH) antara 6 hingga 7 agar tanaman porang dapat tumbuh maksimal.

b. Kondisi lingkungan

Tanaman porang dapat hidup pada tempat yang teduh sehingga cocok untuk bernaung diantara pohon besar seperti pohon jati. Untuk tanah dengan tekstur lempung berpasir dan bersih dari alang-ala cocok untuk porang.

c. Ketinggian tanah

Porang idealnya tumbuh paling baik antara 100-600 mdpl.

d. Intensitas cahaya

Intensitas cahaya ideal untuk tanaman porang adalah antara 60 – 70%

2. Budidaya

Jokowi meninjau porang
Sumber foto: cnbcindonesia.com

Proses penanaman porang paling baik ketika musim hujan antara bulan November hingga Desember dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Bibit yang sehat satu per satu dimasukkan ke dalam lubang tanam dengan letak bakal tunas menghadap ke atas.
  2. Tiap lubang tanaman diisi 1 bibit porang dengan jarak tanam sesuai kebutuhan.
  3. Tutup bibit dengan tanah halus/tanah olahan setebal ±3 cm.

Penyiangan

  • Dilakukan dengan membersihkan gulma yang berupa rumput liar yang dapat menjadi pesaing tanaman porang dalam hal kebutuhan air dan unsur hara.
  • Sebaiknya dilakukan sebulan setelah umbi porang ditanam. Penyiangan berikutnya dapat dilakukan saat gulma muncul.
  • Gulma yang terkumpul ditimbun dalam sebuah lubang agar membusuk dan menjadi kompo

Pemupukan

Pada saat pertama kali ditanam, dilakukan pemupukan dasar. Untuk pemupukan berikutnya dapat dilakukan setahun sekali (awal musim hujan). Jenis pupuk adalah pupuk urea 10 gr/lubang dan SP 36,5 gr/lubang. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditanam disekitar batang porang.

Mekanisasi pertanian porang

Apakah proses tanam porang dapat dilakukan menggunakan mekanisasi pertanian? Jawabannya adalah iya.

Ada berbagai alat mekanisasi pertanian yang dapat membantu proses penanaman tanaman porang mulai dari pengolahan lahan, penanaman bibit hingga pemasangan mulsa.

Untuk informasi mengenai budidaya porang, dapat menghubungi PT. Multi Andalan Sejati melalui nomor berikut

Sumber: Pertanian Magelang Kota

Leave a Comment

Your email address will not be published.