Mengenal Variasi Traktor 4 Roda Dalam Dunia Pertanian

Apakah traktor itu?

Kata traktor berasal dari bahasa latin trahere yang artinya “menarik”. Versi kedua menyebutkan bahwa kata tractor merupakan gabungan dari kata traction motor, yaitu motor yang menarik (kata kerja).

Secara umum traktor adalah kendaraan yang memiliki fungsi dan didesain secara khusus untuk keperluan traksi(penarikan) tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implement yang digunakan dalam bidang  pertanian atau konstruksi.

Berdasarkan fungsi

1. Crawler tractor

Traktor yang tidak jauh berbeda dengan traktor biasa, crawler tractor memiliki roda rantai yang cocok digunakan pada permukaan yang licin, gesekan rendah dan tidak rata seperti lumpur, es, dan salju.

2. Standard Row Crop

Traktor yang biasanya digunakan di berbagai perkebunan. Traktor jenis ini memiliki  jarak dari satu ban ke tengah dan dari tengah ke ban lainnya yang dapat diatur, tujuannya supaya traktor dapat melewati barisan tanaman seperti jagung, tomat atau tanaman lain.

3. High clearance

Traktor dengan jarak antara badan traktor dan tanah (ground clearance) yang tinggi yang cocok digunakan pada kebun yang tanamannya tinggi,biasanya digunakan pada perkebunan sayur.

4. Orchard

Traktor yang digunakan di wilayah perkebunan pepohonan yang besar dan relatif sempit, ukurannya cukup ramping sehingga lebih aerodinamis, memiliki pelindung pada roda terutama bagian belakang supaya tidak rusak saat di jalur sempit, dan saluran pengeluaran yang tidak menonjol keluar dengan tujuan tidak tersangkut pada cabang pohon.

5. Multipurpose

Traktor yang dikembangkan untuk melakukan berbagai tugas yang variatif dan ringan melalui berbagai implement yang dapat dipasang, seperti front end loader, backhoe loader dan lainnya.

6. Lawn and Garden

Lawn tractor adalah tractor yang dikembangkan untuk pekerjaan pekarangan rumah, seperti memotong rumput, meniup rumput dan salju, menyiram rumput, dll.

7. Garden Tractor

Garden tractor adalah traktor yang mirip dengan lawn tractor namun memiliki kekuatan yang lebih besar sehingga  mampu  untuk  mengolah, mengerok, menarik beban gerobak, dan bahkan membajak tanah dan salju.

8. Tree Skidder

Tree skidder adalah segala jenis kendaraan berat, salah satunya traktor yang digunakan untuk menarik pohon yang ditebang.

9. Skid Steer Loader

Skid-steer loader adalah mesin traktor yang memiliki lengan di depan yang dapat ditempelkan berbagai implement untuk membantu pekerjaan, salah satunya penggalian.

10. Two Wheel Drive tractors (2WD)

Two Wheel Drive tractors (2WD)  adalah traktor yang hanya 2 roda belakang yang dapat digerakan. Traktor 2 WD ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan 4wd, yaitu desain yang lebih sederhana, komponen lebih mudah dan harga yang lebih murah.

11. Four Wheel Drive with front steering wheel, and equal sized wheel

Traktor 4WD memiliki stabilitas yang lebih baik dan lebih kuat, lebih awet, lebih kompatibel terhadap implement yang lebih berat, namun lebih mahal di bandingkan dengan 2WD. Traktor 4WD ada 2 jenis, yaitu traktor yang roda depannya lebih kecil dari roda belakang,

Sumber:

Leave a Comment

Your email address will not be published.