Sejarah Kubota

Simak bagaimana perjalanan sejarah Kubota dari awal hingga kini menjadi merk bergensi di dunia.

Sebagai salah satu produsen mesin diesel dan traktor terkemuka asal Jepang, Kubota juga hadir di Indonesia sejak lama. Seperti apa kiprahnya?

Mari kita simak ulasan artikel berikut mengenai awal sejarah Kubota.

Gonshiro Kubota

Kubota LogoBagi perusahaan Jepang, penggunaan nama pendiri sebagai nama perusahaan merupakan hal biasa, hal yang sama pun berlaku bagi Kubota. Nama Kubota berasal dari nama pendirinya, Gonshiro Oode (yang kemudian menggunakan nama keluarga Kubota setelah diadopsi oleh Toshiro Kubota).

Gonshiro Oode adalah anak keempat dan terakhir dari keluarga petani sangat miskin dari pulau Inno. Oode berusaha menambah pendapatan keluarganya dengan bekerja sebagai pekerja tembaga. Pada tahun 1885, ketika usianya baru 14 tahun, Oode meninggalkan rumah untuk mencari pekerjaan di Osaka.

Perjalanan mencari kerja di Osaka bukanlah hal yang mudah, karena dirinya tidak memiliki kerabat dan teman di kota tersebut. Setelah upaya yang keras, akhirnya Oode pun berhasil bekerja disebuah Kuro Casting Shop sebagai karyawan magang.

Kegigihan Oode berbuah dengan mendapatkan promosi ke posisi di mana ia dapat mempelajari proses pengecoran logam. Tiga tahun kemudian ia pindah ke Shiomi Casting, usaha yang memproduksi barang domestik logam. Perubahan pekerjaan membuatnya mempelajari lebih banyak hal tentang teknik pengecoran logam.

Dengan menabung setiap sen, Oode dapat mengumpulkan ¥ 100 dalam satu setengah tahun. Dengan modal tabungan, Oode mencoba mendirikan perusahaannya sendiri, Oode Casting, pada tahun 1890.

Pada tahun 1868, Kaisar Meiji yang memimpin pada saat itu membuka kontak dengan dunia luar. Pada masa itulah awal mula industrialisasi perekonomian Jepang yang memacu perkembangan industri besi dan baja. Momen tersebut langsung memberikan semangat bagi Oode Casting, karena besarnya permintaan logam untuk manufaktur pada saat itu.

Dalam lima tahun pertama perusahaan berdiri, Oode Casting telah memindahkan bisnisnya ke tempat yang tiga kali lebih besar dari sebelumnya.

Selaku pendiri, Gonshiro Kubota memiliki visi

“Create products will all your heart and soul, and realize the commodity values of such products in correct definitions”.

Secara kasar terjemahannya adalah “Ciptakan produk dengan sepenuh hati dan jiwa, dan menyadari nilai komoditas dari produk yang diciptakan dalam definisi yang benar.”

Toshiro Kubota, Sang Ayah Angkat

Pada tahun 1897, seorang pelanggan bernama Toshiro Kubota berniat untuk mempromosikan kesuksesan Oode. Toshiro bertanya apakah dia dapat mengadopsi Oode sebagai putranya. Pada saat itu Oode sudah yatim piatu.

Adopsi tersebut membuat Toshiro mempromosikan Oode dan Oode dapat mewarisi harta Toshiro. Oode pun menyetujui rencana tersebut. Hubungan barunya pun diabadikan dengan mengganti nama perusahannya menjadi Kubota Iron Works.

Dengan dukungan Toshiro Kubota, Gonshiro Kubota dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan teknik baru. Temuan metode baru dalam memproduksi pipa besi turut membangun reputasi Kubota Iron Works. Gonshiro Kubota telah lama berkecimpung dalam produksi pipa di dalam negeri untuk kebutuhan sistem air nasional Jepang.

Beragam Lini Bisnis

Kubota OliDalam perjalanannya, Kubota yang berawal dari bisnis pengecoran logam pun memperluas sayapnya dengan memproduksi berbagai produk diantaranya:

  • 1897 – Hidran air dan pintu air (gate valve)
  • 1922 – Membuat Mesin berbasis oli untuk agro industri
  • 1947 – Cultivator
  • 1953 – Peralatan konstruksi, power shovel
  • 1962 – Mulai memproduksi traktor pertanian dalam skala besar
  • 1963 – Membuat vending machine
  • 1964 – Memulai produksi tempat pembakaran sampah untuk menghasilkan energi listrik
  • 1969 – Mesin panen (combine harvester)
  • 1986 – Memproduksi papan sirkuit elektronik, piringan cakram dan mesin pemotong rumput

Berganti Nama Beberapa Kali

Sejarah Kubota meninggalkan jejak bahwa Kubota Corporation yang saat ini kita kenal sebelumnya pun telah beberapa kali berganti nama seperti yang data berikut ini:

  • 1897 – Ohde Chuzo-jo (Ohde Foundry) menjadi Kubota Tekko-jo (Kubota Iron Works)
  • 1953 – K.K Kubota Tekko-jo menjadi Kubota Tekko K.K.
  • 1972 – Kubota Tractor Corporation bersiap memasuki pasar Amerika Serikat
  • 1990 – Merayakan ulang tahun ke 100, berganti nama menjadi Kubota Corporation

Merambah ke Pasar Amerika Serikat

Kubota pertama kali memulai bisnisnya di Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada masa itu, Kubota mencoba membawa prestasi sebagai produsen traktor pertanian terkemuka di Jepang untuk dapat memasuki pasar Amerika.

Namun ternyata ini adalah kesalahan perhitungan yang sangat besar. Traktor Kubota hanya bertenaga antara 15 hingga 50 tenaga kuda. Di sisi lain, traktor yang banyak beroperasi di pertanian besar Amerika menggunakan daya sekitar 100 tenaga kuda.

Tidak hilang akal, Kubota mencoba untuk masuk dengan menjual traktor khusus untuk memotong rumput. Alat pemotong rumput tersebut mulai melalui serangkaian uji coba dan penjualan pun merangkak naik. Reaksi masyarakat Amerika pun jauh lebih baik dari ekspektasi sebelumnya.

Mesin bensin telah menjadi arus utama di pasar mesin pemotong rumput dan orang Amerika belum memiliki ide untuk menggunakan traktor dengan mesin diesel untuk memotong. Perubahan arah ini membuat traktor Kubota mendapatkan respon yang baik dari masyarakat Amerika.

Bidang Agribisnis

Setelah Perang Dunia II berakhir, power tiller Kubota berhasil menyabet juara pada kompetisi Okayama Agricultural Power Equipment. Kemenangan tersebut sekaligus mengukuhkan dominasi Kubota di industri mesin pertanian. Kubota mengembangkan mesin pertanian untuk memenuhi kebutuhan pertanian Jepang, seluruh prosesnya berlangsung di dalam negeri. Pada tahun 1960, Kubota memproduksi traktor khusus untuk menanam padi (rice transplanter).

Pada akhir tahun 1960, Kubota telah berhasil membuat sistem terintegrasi penuh untuk proses produksi padi mulai dari mesin pengolahan tanah, penanaman padi, pemanen hingga perontokan.

Kubota mendirikan pabrik traktor pertamanya di Thailand pada tahun 2009. Kubota saat ini telah memiliki pabrikan di beberapa negara, antara lain Jepang, Brazil, Indonesia, Thailand, Spanyol, Jerman, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2016, Kubota mendirikan pusat penelitian dan pengembangan mesin pertanian di Thailand.

Di Indonesia Kubota hadir dengan nama PT. Kubota Machinery Indonesia dan PT. Kubota Indonesia. Keduanya hadir dengan berbagai produk Kubota mulai dari traktor roda empat, mesin diesel, genset hingga berbagai implemen, suku cadang dan alat pendukung mekanisasi pertanian lainnya.

Bingung apa bedanya PT. Kubota Machinery Indonesia dan PT. Kubota Indonesia? Simak artikel mengenai Perbedaan KMI dan KI.

Terima kasih telah membaca sampai akhir artikel Sejarah Kubota Corporation. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan serta meningkatkan rasa percaya Anda dalam menggunakan produk dan suku cadang Kubota.

Bingung Cari Suku Cadang (spare part) Kubota?

Jika Anda memiliki unit Kubota dan kesulitan mencari suku cadangnya, kami hadir menyediakan berbagai suku cadang (spare part) asli dari Kubota, klik tombol di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.