Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan

Mengenal Apa itu Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Kandungannya yang bermanfaat menjadikannya sebagai komposisi utama berbagai produk olahan makanan dan minuman hingga minyak essens (essential oil).

Dalam keseharian, jahe seringkali kita temui dalam berbagai produk jamu tradisional dengan kandungannya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Ditelisik lebih dalam lagi, jahe memiliki berbagai kandungan vitamin sebut saja vitamin A, B, C, asam organik hingga sineol.

Jahe Merah, Jahe Putih dan Jahe Gajah

Jahe merah merupakan varian jahe yang memiliki kandungan atsiri yang paling tinggi dibandingkan jahe putih dan jahe gajah. Walaupun begitu jahe gajah lebih dikenal di kalangan masyarakat dibandingkan jahe merah dikarenakan sudah digunakan sejak dulu sebagai bahan bumbu dapur dan bahan obat.

Saat ini tidak jarang kita temui obat dalam sachet untuk mengatasi sakit perut dan masuk angin menggunakan jahe sebagai bahan utamanya ditambah dengan madu sebagai pemanis dari rasa pedas yang dihasilkan oleh jahe.

Jahe saat ini sudah banyak dikombinasikan dengan berbagai kandungan lainnya untuk menghasilkan rasa yang berbeda, sebut saja kombinasi antara jahe dan madu, jahe dan lemon dan berbagai macam lainnya dengan tetap mengedepankan kandungan utama jahe sebagai bahan utamanya.

Kandungan dan Manfaat Tanaman Jahe

Selain banyak digunakan untuk pengobatan, jahe kerap juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue kering, minuman hangat, bahkan permen.

Selain manfaatnya yang begitu banyak, jahe juga memiliki harga jual yang tinggi di pasaran dikarenakan permintaannya yang begitu besar.

Proses menanam jahe dapat dilakukan di berbagai luasan lahan dengan mudah terlebih jika Anda menggunakan mekanisasi pertanian pada luasan lahan yang lebih besar sehingga dapat menghemat waktu saat proses pembersihan lahan, pembersihan gulma dan perawatannya.

Ingin mencoba menanam jahe sendiri? dan menjadikannya bisnis bermanfaat?

Silakan hubungi kami untuk mengetahui metode dan peralatan yang tepat untuk memulai membangun usaha perkebunan jahe Anda.

Ingin mengetahui bagaimana mengelola lahan pertanian yang baik, simak artikel pengolahan lahan pertanian

Leave a Comment

Your email address will not be published.