Jenis Perawatan Mesin Traktor, Yuk Kenali

Perawatan mesin merupakan suatu hal yang kerap kali dilakukan guna memperbaiki masalah atau mencegah kerusakan terjadi. Kenali jenis perawatan mesin dibawah ini untuk mengenali lebih dalam lagi mengenai perawatan dan jenisnya.

Apa itu Perawatan?

Perawatan mesin merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga atau memperbaiki sesuatu sehingga dapat berfungsi sebagaimana seharusnya.

Sebagaimana layaknya mesin, mesin traktor pun membutuhkan perawatan secara berkala guna memperpanjang usia pemakaian mesin terlebih apabila mesin traktor yang digunakan untuk pengolahan lahan.

Jenis Perawatan Mesin

Rutin

Perawatan jenis ini dilakukan setiap hari secara sistematis dan terus menerus guna memastikan mesin bekerja dengan optimal dan menghindari kerusakan.

Contoh perawatan jenis ini antara lain:

  • Melakukan pengisian bahan bakar sebelum dan sesudah menggunakan mesin
  • Mengisi air radiator apabila kurang
  • Melakukan pengecekan tekanan angin pada ban
  • Mengecek kadar oli mesin dan transmisi
  • Membersihkan endapan pada tangki bahan bakar

Berkala

Jenis perawatan yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu, dilakukan secara rutin dan secara sistematis tanpa melihat ada atau tidaknya kerusakan pada mesin.

Contoh perawatan periodik antara lain:

  • 50 jam
  • 100 jam
  • 200 jam
  • 300 jam
  • 2 tahun

Jenis perawatan ini dapat Anda lihat dari acuan buku manual ataupun buat sendiri sesuai dengan pengalaman dari mekanik atau durasi dari waktu saat terjadinya kerusakan.

Terencana

Jenis perawatan berencana adalah tindakan perawatan atas dasar rencana sebelumnya sehingga sesuatu dapat selesai pada waktunya.

Pencegahan

Perawatan ini dilakukan sebelum mesin mengalami kerusakan dan telah direncanakan sebelumnya.

Tindakan Perbaikan

Tindakan ini dilakukan setelah mesin mengalami kerusakan, dan termasuk kategori perawatan. Umumnya kerusakan yang terjadi tidak menyeluruh.

Overhaul

Merupakan perawatan besar dalam rangka memperbaiki mesin yang mengalami kerusakan besar dan membutuhkan pengecekan secara menyeluruh.

Sejumlah perawatan diatas dapat Anda rencanakan dan terapkan dalam proses perawatan unit traktor Anda. Anda dapat menerapkan langkah-langkah perawatan diatas yang kemudian dapat disesuaikan dengan kondisi unit dan program perawatan yang Anda lakukan saat ini.

Jika Anda membutuhkan perawatan atau perbaikan traktor Anda, silakan hubungi kami melalui nomor berikut: 0812-1895-3785_

Referensi:
Kemdikbud

Leave a Comment

Your email address will not be published.