Cara Merawat Forklift dengan Mudah

Apa itu Forklift?

Forklift adalah mesin beroda empat yang berfungsi untuk memindahkan beban besar yang umum digunakan dalam bidang industri.

Serupa dengan mesin lainnya, komponen yang terdapat pada Forklift pun perlu mendapatkan perawatan secara berkala, terutama komponen yang bergerak secara terus menerus.

Cara Merawat Forklift

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan guna merawat Forklift Anda agar tetap bekerja secara maksimal seperti yang dikutip dari WikiHow.

1. Pastikan komponen bergerak terlumasi

Pastikan seluruh komponen bergerak dilumasi secara baik. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah gesekan yang dapat merusak komponen dan mengakibatkan mesin tidak dapat bekerja secara baik.

2. Cek kadar cairan secara teratur

Forklift menggunakan berbagai cairan yang membantu mesin bekerja secara efisien. Cairan tersebut termasuk pada bagian transmisi dan hidrolik, cairan pendingin serta oli motor.

Lakukan pengecekan secara teratur termasuk ketika unit jarang digunakan.

3. Pastikan bahan bakar tetap terisi

Salah satu upaya merawat unit Forklift adalah dengan memastikan sumber tenaga Forklift selalu terisi.

Forklift dapat menggunakan sumber tenaga berupa baterai, LPG, diesel atau bensin. Apapun sumber tenaga yang digunakan, pastikan bahan bakar selalu terisi.

4. Pastikan panel indikator berfungsi dengan baik

Selalu lakukan pengecekan terhadap indikator yang terdapat pada panel instrumen Forklift. Fungsi dari panel indikator tersebut diantaranya memberikan informasi mengenai pengukuran bahan bakar, lampu dan lainnya.

Lakukan pengecekan fungsi indikator guna menghindari kecelakan saat kerja atau tidak berfungsinya unit saat dibutuhkan.

5. Cek kondisi ban

Salah hal yang sering luput dari perhatian adalah tentang kondisi ban. Padahal ban merupakan salah satu komponen yang sering digunakan dan mempunyai pengaruh besar dalam efisiensi kerja.

Pastikan tekanan udara ban sesuai, atau jika ban adalah karet pada maka pastikan ban tidak memiliki kerusakan. Karena ban yang mengalami kerusakan baik akibat kurangnya tekanan udara ataupun kerusakan fisik dapat membuat Forklift tidak seimbang sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada muatan yang dibawa.

Semoga artikel diatas dapat membantu Anda mengenal unit Forklift dan cara perawatannya guna menjaga unit tetap berfungsi secara baik.

Jika Anda membutuhkan unit Forklift untuk mendukung bisnis Anda, dapat menghubungi 021 – 827 54436

Leave a Comment

Your email address will not be published.