Cara Merawat Ban Loader agar Awet

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagamana cara merawat ban loader agar tetap awet. Ban loader merupakan salah satu bagian dari unit yang terus bergerak, bahkan medan yang dilaluinya pun memiliki permukaan yang tajam dan kasar.

Loader dan Jenis Ban

Sebagai salah satu mesin alat berat yang sering kali digunakan di berbagai medan mulai dari konstruksi, pembukaan lahan hingga pertambangan, rasanya sudah tidak asing lagi bagi ban Loader untuk bersentuhan langsung dengan benda yang keras dan cukup tajam seperti kerikil, pasir, batu, aspal dan material lainnya.

Seringnya ban Loader bersentuhan langsung dengn material tajam dan keras berpotensi untuk mengurangi daya tahan dari ban tersebut, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda menerapkan tips dibawah ini untuk tetap menjaga kondisi ban unit tetap prima.

Cara Merawat Ban Loader

Lakukan tips cara merawat ban loader dibawah ini guna memastikannya tetap dalam kondisi prima dan siap kerja.

1. Cek tekanan angin secara teratur

Tekanan angin yang pas akan menjaga ban tetap prima saat bekerja, oleh karena itu lakukan pengecekan setiap kali akan memulai pekerjaan dan diakhir pekerjaan guna memastikan ban tetap dalam kondisi baik untuk tugas berikutnya.

Ban yang digunakan dengan kondisi tidak memiliki tekanan angin yang tepat, baik terlalu sedikit maupun terlalu banyak, dapat membuat kerja unit tidak maksimal terlebih dapat menyebabkan gesekan pada unit atau ketidakseimbangan saat bekerja.

2. Gunakan ban yang tepat sesuai jenis pekerjaan

Layaknya pada balapan Formula 1 dimana ban mobil disesuaikan dengan kondisi jalan saat pertandingan berlangsung, basah atau kering, hal serupa berlaku pada ban Wheel Loader.

Sesuaikan tekanan angin dan jenis ban dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan, misalnya mengangkut pasir, potongan kayu ataupun batu besar.

Lakukan pengecekan dengan toko yang menjual ban loader mengenai tekanan angin yang tepat. Jika jenis pekerjaan sering berganti, maka gunakan beban terberat.

3. Jangan tergesa-gesa saat mengoperasikan unit

Cara merawat ban loader berikutnya adalah dengan tidak mengoperasikan unit terlalu cepat, yang dapat meningkatkan suhu udara dalam ban yang membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dari material tajam seperti kerikil, paku ataupun material sejenisnya.

Operator yang mengoperasikan unit secara tidak tergesa-gesa dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja serta memperpanjang umur ban, karena dapat melihat area dengan lebih jelas untuk menghindarkan ban dari material tajam.

4. Lakukan pengecekan fisik ban secara berkala

Lakukan pengecekan secara teratur setiap sebelum dan setelah menggunakan unit loader. Cek apakah ban mengalami keretakan, robek atau sudah aus.

Layaknya spare parts, ban pun memiliki usia pakai. Pastikan ban loader yang Anda gunakan tidak kadaluarsa sehingga proses kerja pun dapat berjalan dengan maksimal.

5. Lakukan pergantian ban jika sudah rusak

Tips terakhir cara merawat ban loader adalah dengan mengecek apabila Jika ban loader telah mengalami keretakan atau sobek cukup parah, segera lakukan pergantian, untuk menghindari kerusakan unit dan kecelakaan saat kerja.

Jika Anda memiliki kebutuhan ban loader atau sekedar ingin berkonsultasi terkait ban Wheel Loader, silakan telpon kami di 021 – 827 54436 atau email kami di info@multias.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.