Panen Singkong Melimpah: Sejarah dan Syarat Tanam

Panen singkong melimpah menjadi impian para petani singkong. Ingin mengetahui bagaimana caranya? Simak ulasan artikel yang dikutip dari dari website resmi Kabupaten Buleleng, berikut seluk beluk singkong hingga syarat tumbuh tanaman yang direkomendasikan.

Sejarah Singkat

Singkong atau dikenal juga sebagai ketela pohon merupakan salah satu tanaman pangan yang umum dijumpai di Indonesia. Selain dapat langsung dikonsumsi, singkong kerap kali dioleh sebagai bahan baku makanan seperti tepung mocaf, tepung tapioka, cemilan hingga bahan bakar bioetanol.

Termasuk kedalam golongan tanaman perdu, singkong juga dikenal dengan nama ketela pohon, ubi kayu atau kasape. Tanaman yang berasal dari negara Brazil ini telah menyebar hampir keseluruh dunia.

Singkong umum berkembang di negara-negara agraris, seperti diwilayah Amerita Selatan dan Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia.

Manfaat Singkong

Diberbagai wilayah di Indonesia masih banyak ditemui masyarakat yang menjadikan singkong sebagai bahan pangan utama setelah beras dan jagung, karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

Di Indonesia, daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi wilayah pemasok singkong utama di Indonesia. Sedangkan Thailand dan Suriname menjadi setra ketela pohon di dunia.

Syarat Pertumbuhan

Iklim

Curah Hujan

Untuk dapat bertumbuh dengan baik, curah hujan yang sesuai untuk tanaman ketela pohon berkisar antara 1.500 – 2.500 mm/tahun.

Suhu

Ketela pohon (singkong) cocok dengan suhu antara 10° C. Suhu dibawah tersebut dapat menyebabkan tanaman tumbuh tidak sempurna.

Kelembaban Udara

Kelembaban yang optimal antara 60 – 65%

Sinar Matahari

Tanaman singkong membutuhkan sinar matahari setidaknya 10 jam/hari untuk mendukung kesuburan daun dan perkembangan umbinya.

Media Tanam

Tanah

Tanah berstruktur remah, gembur dan tidak terlalu liat serta kaya bahan organik merupakan yang paling sesuai untuk tumbuh kembang tanaman singkong.

Struktur remah memungkinkan tata udara yang baik, unsur hara menjadi lebih mudah tersedia dan mudah diolah.

Jenis Tanah

Untuk jenis tanah, tanaman singkong cocok dengan jenis tanah aluvial latosol, podsolik merah kuning, grumosol, mediteran dan andosol.

Derajat Keasaman (pH)

Tingkat keasaman tanah (pH) yang cocok untuk budidaya tanaman ketela pohon atau singkong berkisar antara 4,5 – 8,0 dengan pH ideal di angka 5,8. Tanah di Indonesia umumnya memiliki pH yang rendah, berkisar antara 4,0 – 5,5 sehingga seringkali dikatakan cukup baik bagi pertumbuhan tanaman singkong.

Ketinggian Tempat

Tanaman singkong cocok ditanam pada ketinggian antara 10 hingga 700 meter dari permukaan laut dengan toleransi antara 10 sampai dengan 1.500 meter dari permukaan laut.

Untuk jenis tertentu, memerlukan ketinggian tertentu untuk dapat tumbuh secara optimal.

Cara Panen Singkong Melimpah

Ingin tau lebih banyak lagi mengenai cara budidaya hingga dapat panen singkong melimpah?

Simak artikel lain seputar budidaya singkong.

Leave a Comment

Your email address will not be published.