Keunggulan Wheel Loader Kecil dan Sedang

Artikel kali ini akan mengulas sejumlah keunggulan wheel loader kecil dan sedang guna mendukung bisnis Anda.

Walau ukurannya tergolong compact tapi ada keuntungan lain yang dapat Anda peroleh, apa saja itu? Silakan baca artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

Wheel Loader ukuran Kecil

Bagi pemilik peralatan alat berat, wheel loader kerap diasosiasikan sebagian alat yang dapat bekerja selama berjam-jam, mengangkut beban dalam jumlah besar dan dapat digunakan dengan berbagai attachment untuk kebutuhan khusus.

Hal tersebut lumrah dikarenakan wheel loader memang dirancang untuk kebutuhan tersebut. Namun seiring dengan kebutuhan pasar, saat ini semakin banyak produsen peralatan alat berat yang menghadirkan wheel loader dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan pendahulunya.

Wheel loader dengan ukuran kecil dan sedang merupakan solusi bagi Anda yang membutuhkan mesin alat berat bertenaga besar namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Unit wheel loader ukuran kecil dan menengah memberikan dua keuntungan bagi Anda, tenaga yang besar tanpa mengorbankan kemampuan manuver dari alat tersebut, terutama untuk medan-medan yang sempit.

Selain itu perubahan attachment dapat dilakukan dengan lebih cepat dan dapat dengan mudah diangkut ke lokasi yang dituju dibandingkan rekan-rekannya yang memiliki ukuran yang lebih besar.

Tipe Hidrostatik

Selain ukuran yang semakin kecil, saat ini banyak pabrikan yang menawarkan wheel loader dengan tipe transmisi hidrostatik. Berbeda dengan transmisi konverter torsi konvensional, tipe hidrostatik memberikan tenaga yang lebih banyak pada kecepatan mesin yang lebih rendah.

Keunggulan Wheel Loader Kecil

Dari segi tenaga, wheel loader ukuran kecil dan sedang tentunya kalah kuat dengan loader ukuran besar, namun bukan berarti loader kecil dan sedang tidak memiliki keunggulan.

Berikut 5 keunggulan Wheel Loader ukuran kecil dan sedang dibandingkan ukuran besar. Selamat membaca.

1. Handal di ruang sempit

Berikut lima fitur wheel loader dengan ukuran kecil dan menengah yang dapat meningkatkan produktifitas kerja Anda:

Ketika wheel loader bekerja di tempat yang memiliki ukuran terbatas, banyak pemilik peralatan yang memilih menggunakan unit dengan ukuran yang lebih kecil dengan mempertimbangkan kapasitas angkut yang baik dan siklus kerja yang cepat.

Wheel loader dengan horse power antara 150 hingga 200 sangat cocok untuk bidang konstruksi saat ini.

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan bucket dan attachment. Pemilihan attachment dan bucket dengan ukuran yang tepat sesuai ukuran unit akan meningkatkan produktifitas kerja operator. Semakin cepat alat berat dapat berjalan, maka semakin pula siklus kerjanya.

Selain bucket dan attachment, pemilihan jenis ban juga menjadi hal yang penting. Umumnya pemilik alat berat ukuran kecil melengkapi unitnya dengan ban jenis bias, bukan radial.

Hal ini dikarenakan ban jenis ban bias yang memiliki sisi yang lebih tebal, sehingga membuat pergerakan alat berat menjadi lebih stabil dan mulus.

Ban bias bekerja dengan baik karena lebih dapat diperbaiki dan jarak yang ditempuh biasanya lebih pendek.

2. Fleksibel dengan Quick Coupler

Alasan utama wheel loader beroda kecil memiliki nilai tambah adalah kemampuannya untuk dipasang dengan attachment khusus. Attachment seperti garpu dan bucket dapat dengan mudah dipasang dengan menggunakan quick coupler.

Quick coupler digunakan untuk memudahkan melakukan pergantian bucket dan attachment dengan cepat tanpa harus menggunakan palu secara manual untuk mengeluarkan pin pengunci. Beberapa jenis coupler bahkan dirancang untuk membutuhkan sedikit perawatan.

3. Keunggulan Wheel Loader Kecil, Mudah dirawat

Dukungan suku cadang, komponen berkualitas dan jarak perawatan yang cukup jauh dapat membantu menekan biaya perawatan tetap rendah.

Untuk tetap menjaga performa, operator perlu mengikuti jadwal perawatan harian, bulanan berdasarkan pedoman yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Layaknya mesin pada umumnya, operator harus tetap menyelesaikan langkah-langkah harian, melakukan pemeriksaan kerusakan mesin. Melakukan pengecekan cairan oli, filter dan tekanan ban merupakan hal yang penting dalam pekerjaan konstruksi dan infrastruktur.

Wheel loader jenis baru telah dirancang dengan sistem after treatment engine yang dirancang untuk memenuhi standar emisi EPA.

4. Fitur keselamatan tambahan

Saat ini banyak pabrikan yang melengkapi loader kecil dengan sejumlah fitur keselamatan tambahan. Sebut saja seperti kamera untuk melihat sisi belakang, alarm hingga jarak pandang optimal dari tempat duduk operator.

Selain itu opsi dukungan penerangan alat berat untuk operator yang bekerja dari pagi hingga malam hingga kemudi darurat.

5. Dilengkapi dengan transmisi hidrostatik

Saat ini pabrikan menawarkan transmisi hidrostatik alih-alih transmisi tradisional untuk wheel loader yang lebih kecil. Transmisi hidrostatik memberikan daya yang yang sangat baik ketika diperlukan.

Jenis transmisi ini memungkinkan operator menyesuaikan kecepatan dan mendapatkan RPM penuh untuk menjalankan attachment bertenaga hidrolik secara efisien dan optimal.

Wheel loader dengan transmisi hidrostatik memiliki beberapa manfaat, termasuk peningkatan efisiensi bahan bakar karena peningkatan kinerja pada RPM yang lebih rendah; kontrol posisi alat berat yang disempurnakan untuk meningkatkan produktivitas, terutama saat menaiki tumpukan untuk mengisi bucket wheel loader.

Selain itu, mereka memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak dibandingkan dengan wheel loader gaya transmisi torque converter, yang memudahkan servis alat berat.

Wheel loader yang lebih kecil memiliki berbagai keunggulan, terutama ketika bekerja dalam aplikasi konstruksi dan infrastruktur di mana wheel loader yang lebih besar mungkin terlalu besar untuk ruang yang tersedia.

Dengan melihat kinerja keseluruhan, keserbagunaan, kemudahan servis, dan fitur keselamatan, pemilik peralatan harus dapat menyingkirkan mentalitas “lebih besar lebih baik” dan terbuka terhadap gagasan untuk menggunakan wheel loader yang lebih kecil.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai kelebihan Wheel Loader ukuran kecil dan menengah.

Jika Anda membutuhkan wheel loader dengan ukuran kecil dan menengah untuk kebutuhan bisnis Anda, MAX Wheel Loader solusinya.

Untuk mengetahui bagaimana MAX Wheel Loader dapat membantu bisnis Anda, silakan menghubungi 021 – 827 54436 atau kunjungi situs MAX Wheel Loader.

Leave a Comment

Your email address will not be published.