Memperpanjang Usia Wheel Loader

Apa itu Wheel Loader?

Sebelum kita membahas mengenai cara menghindari kerusakan pada Wheel Loader, ada baiknya jika kita mengenal mengenal apa itu Wheel Loader terlebih dahulu.

Wheel Loader adalah alat berat yang memiliki fungsi untuk memindahkan objek, baik dengan mendorong maupun menampung dan digunakan diberbagai industri.

Pada penggunaannya, Wheel Loader dipergunakan untuk mengangkut hasil tebang kayu, puing bangunan, pasir, lumpur hingga pembersihan lahan. Umumnya Wheel Loader bekerja bersama dengan dumptruck sebagai tempat memuat material yang diangkut oleh Wheel Loader.

Sekilas Wheel Loader memiliki kemiripan dengan Dozer Shovel yang umum digunakan untuk kebutuhan pertambangan, perbedaannya terletak pada ban yang digunakan.

Wheel Loader menggunakan ban yang terbuat dari bahan karet, sedangkan Dozel Shovel menggunakan roda rantai.

Dozel Shovel menggunakan roda rantai tersebut karena sering digunakan pada daerah yang memiliki landasan keras dan tidak rata.

Bagaimana memperpanjang usia Wheel Loader?

Dalam lingkungan kerja produksi yang berat, operator umumnya mendapatkan tekanan untuk dapat mencapai target yang telah ditetapkan, terlebih dalam kondisi kekurangan tenaga operator.

Hindari high-speed shifting

Cara umum yang dilakukan adalah melakukan pemindahan gigi secara cepat pada kecepatan tinggi (high-speed shifting). High speed shifting dilakukan oleh operator saat gagal menghentikan kendaraan sepenuhnya saat beralih dari maju dan mundur.

Gabungan dari berat alat, beban serta rentang renggangan dapat memperpendek umur komponen yang berhubungan dengan drivetrain dan torque converter. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pelatihan bagi operator, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman terkait best practice yang harus dilakukan.

Perawatan rutin

Selain itu, area yang paling sering mengalami keausan pada loader adalah pin depan dan bucket. Penyebab keausan juga akibat dari kurangnya perawatan rutin dan pelumas pada pin depan.

Perhatikan juga bagian bucket dan ganti bagian yang telah aus sebelum merusak bucket itu sendiri.

Hal yang tergolong kecil yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan Anda harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.

Luangkan waktu sejenak

Tidak meluangkan waktu saat menyalakan dan mematikan loader adalah penyebab lain kerusakan yang berakibat fatal apabila dibiarkan berulang dalam jangka panjang.

Operator sering melupakan hal yang satu ini karena tingginya target pekerjaan yang harus dicapai, padahal dapat berdampak fatal bagi mesin.

Oli yang dingin tidak dapat melumasi dengan baik. Memberikan waktu ketika menyalakan mesin pertama kali akan meningkatkan suhu oli sehingga akan memperpanjang umur komponen. Sama halnya ketika mematikan mesin, biarkan mesin menjadi dingin sebelum Anda mematikan mesin.

Jenis ban

Pemilihan jenis ban yang salah pada Wheel Loader juga dapat mempercepat keausan ban. Umumnya kesalahan diakibatkan oleh kesalahan dalam pemilihan pola tapak ban yang tidak sesuai dengan medan yang dilalui. Misalnya medan aspal dan tanah tentunya menggunakan jenis ban yang berbeda.

Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam merawat unit wheel loader agar tetap panjang umur.

Jika Anda membutuhkan wheel loader dengan varian spesifikasi, dukungan spare part dan teknisi berpengalaman, MAX Wheel Loader lah jawabannya.

Ingin mengetahui mengenai lebih banyak lagi, silakan menghubungi kami di nomor 021 – 827 54436 atau kunjungi website MAX Wheel Loader.

Leave a Comment

Your email address will not be published.