Traktor Sawah di Indonesia

Terkenal dengan sebutan negara agraris tidak lantas menjadikan Indonesia mumpuni dalam mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri. Lihat saja masih banyak impor beras yang dilakukan lantaran produksi padi yang belum dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Berbeda dengan negeri gajah putih Thailand, dimana proses sektor pertaniannya sejak lama sudah menerapkan alat mekanisasi pertanian sehingga hasil produksi nya pun berlimpah.

Hal lain yang menyebabkan Indonesia masih terus berjuang di sektor pertanian lantaran belum meratanya penggunaan alat mekanisasi pertanian seperti traktor di sejumlah daerah penghasil beras di Indonesia. Sejumlah merk besar traktor memang kini dapat kita jumpai dengan mudah di sawah dan perkebunan kelapa sawit, sebut saja John Deere, New Holland, Massey Ferguson hingga traktor asal Jepang seperti Kubota dan Yanmar.

Belum lagi serbuan dari berbagai merk traktor asal negeri tirai bambu yang hadir dengan harga yang sangat menggiurkan. Sayangnya, sejumlah merk traktor asal China kerap tidak didukung dengan layanan purna jual di Indonesia. Sehingga seringkali pengguna bingung harus mencari kemana suku cadang apabila terjadi kerusakan. Berbeda dengan traktor Kubota yang layanan purna jual dan dukungan suku cadang yang mumpuni.

Traktor Sawah

Traktor Sawah Kubota L4018Kehadiran traktor sawah di Indonesia membawa dampak yang besar dalam proses bertani di Indonesia. Jika sebelumnya proses pengolahan lahan hingga panen membutuhkan waktu yang lama, tenaga kerja yang banyak hingga biaya yang besar, kini semua nya dapat ditekan dengan penggunaan alat mekanisasi pertanian seperti traktor dan mesin panen padi dan jagung.

Istilah traktor sawah kerap terdengar di telinga kita, tapi tahukah kamu apa itu traktor sawah?

Traktor sawah umumnya merujuk kepada alat mekanisasi pertanian berupa traktor. Baik traktor tangan maupun traktor roda empat. Traktor tangan adalah traktor yang proses penggunaannya menggunakan tangan dengan operator berada dibelakang alat saat proses pengoperasiannya.

Berbeda dengan traktor tangan, traktor roda empat merupakan traktor yang memiliki bentuk seperti mobil dengan roda yang berukuran cukup besar. Operator duduk saat mengendarainya. Umumnya traktor jenis ini dapat ditambahkan implemen untuk membantu proses pengolahan lahan seperti disc plow, disc harrow, front dozer, rotavator, pemupukan hingga mengangkut hasil panen menggunakan trailer.

Traktor roda empat tidak hanya dapat ditemui di lahan pertanian saja. Perkebunan kelapa sawit juga kerap menggunakan traktor untuk mengambil kelapa sawit dan memindahkannya ke alat angkut. Alat tambahan pada perkebunan kelapa sawit bernama creep gear. Fungsinya untuk mengangkat kelapa sawit yang sudah disusun rapi di sisi jalan yang dilalui traktor.

Leave a Comment

Your email address will not be published.