Wisudawan Naiki Traktor Sawah saat Wisuda

Pandemi yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 mengharuskan sejumlah acara melakukan penyesuaian kegiatan guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Salah satu yang menarik adalah saat sejumlah wisudawan dari salah satu universitas di Indonesia memutuskan menaiki traktor sawah.

Wisudawan Naik Traktor Sawah

Akun Instagram IAIN Tulungagung @iaintulungagung yang membagikan momen tersebut pada 14 November 2020.

Pada video berdurasi satu menit tersebut nampak terlihat seorang mahasiswa duduk diatas gerobak bersama rekannya yang mengendarai traktor sawah atau yang juga dikenal dengan traktor tangan (hand tractor)

Dengan seragam lengkapnya, wisudawan tersebut tampak tidak canggung dengan aksinya. Turun dari traktor sawah, wisudawan tersebut langsung menuju panggung untuk mengikuti kegiatan wisuda dan bertemu dengan sejumlah petinggi universitas tempatnya menimba ilmu.

Uniknya, IAIN Tulungagung pada saat tersebut belum memiliki jurusan pertanian. Aksi mahasiswa tersebut pun menuai sejumlah pujian dari warga net.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, traktor sawah identik dengan traktor tangan (hand tractor) walaupun sebenarnya ada traktor empat roda yang juga banyak digunakan di berbagai wilayah di Indonesia.

Perbedaan mendasar antara hand tractor dan traktor roda empat adalah area kerjanya. Traktor tangan banyak digunakan untuk area pengerjaan yang tidak terlalu besar, sedangkan traktor empat roda bekerja pada area yang sangat besar.

Hand tractor juga tidak mengharuskan penggunanya untuk berjalan dibelakang alat tersebut, di traktor empat roda, penggunanya berada di atas traktor sehingga tidak langsung bersentuhan dengan area kerjanya. Tenaga yang dihasilkan serta implemen pendukungnya juga jelas berbeda.

Petani di Indonesia sudah familiar dengan traktor empat roda dalam membantu proses pengolahan lahan, penanaman, perawatan hingga panen. Implemen pendukungnya pun cukup lengkap, mulai dari front-dozer, seed planter, boom spray, hingga menarik trailer untuk hasil panen.

PT Multi Andalan Sejati sebagai dealer resmi Kubota menghadirkan traktor 4 roda untuk petani khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Kami mengahdirkan unit L4018, L5018 dan M9540 serta dukungan suku cadang yang lengkap guna membantu proses perawatan unit secara berkala.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi nomor berikut

Sumber: Kumparan

Leave a Comment

Your email address will not be published.